DEFINISI BERAS DAN KLASIFIKASINYA

beras basmati

Definisi

Beras (Oryza Sativa L) merupakan sumber bahan pangan utama di indonesia. Beras merupakan daging buah dari biji padi atau gabah yang dihasilkan dari rangkaian proses penggilingan. Pada biji padi atau gabah utuh terdapat 2 bagian yaitu bagian yang dapat di makan yang disebut kariopsis yang merupakan penyusun utama, dan bagian yang tidak dapat dimakan yang disebut sekam. Komponen penyusun dari bagian kariopsis adalah 1-2 persen perikap, aleuron dan testa 4-6 persen, lema (sekam kelopak 2-3 persen) dan endosperem 89-94 persen. Komposisi dari kariopsis ini berbeda-beda tergantung pada perbedaan varietas beras dan pola budidayanya.

struktur beras 2

struktur beras 1

struktur beras 2

struktur beras 2

Mutu gabah dan beras dipengaruhi oleh berbagai aspek, meliputi (1) ukuran, bentuk, bobot, keseragaman dan penampakan umum, (2) derajat sosoh dan mutu giling, (3) kebeningan, warna dan pengapuran, (4) karakteristik tanak, aroma/rasa, kepulenan dan prosesing, dan (5), kebersihan dan keutuhan (soundness) dan kemurnian (Webb, 1990)

 

Klasifikasi Beras

klasifikasi mutu beras umumnya ditentukan oleh kadar air, derajad sosoh, beras kepala, beras patah dan menir, butur kuning, butir mengapur, butir rusak, beras merah, butir gabah dan benda asing (SNI, 2015).

Secara umum beras dibedakan menjadi 2 golongan besar yaitu beras butir panjang dan beras butir pendek. sedangkan untuk klasifikasi berdasarkan mutu beras adalah beras premium, beras medium dan beras diluar kelas mutu.

beras butir panjang

beras butir panjang

beras butir bulat

beras butir bulat

 

Selain klasifikasi diatas, beras juga dibedakan berdasarkan warna biji berasnya, ada beras merah dan beras hitam.

ada juga beras dibedakan berdasarkan beras organik dan beras biasa (non organik)