POLISHER, PENYOSOH DAN PEMUTIH BERAS

Mesin utama pada penggilingan padi pada sistem 2 phase adalah mesin polisher atau penyosoh beras. mesin ini memproses beras pecah kulit atau brown rice menjadi beras giling.

ada dua macam polisher (penyosoh) yang saat ini banyak dipake:

1. Penyosoh tipe Abrasif

penyosoh tipe Abrasif ini menggunakan semacam batu gerinda dalam proses penggilingan beras. lapisan dedak atau aleuron pada beras pecah kulit (brown rice) akan bergesekan dengan permukaan batu dan logam screen sehingga dedak akan terkelupas. kandungan dedak yang masih menempel pada butir beras ini yang menentukan derajat sosoh dari beras giling tersebut.

karakteristik beras giling yang dihasilkan dengan alat penyosoh tipe Abrasif ini adalah warna beras yang cenderung putih tetapi tidak transparan, dan tekstur beras giling lebih kesat.

polisher tipe abrasif

Penyosoh tipe abrasif

2. Penyosoh tipe Friksi

Penyosoh tipe Friksi menggunakan efek gesekkan antara “molen” yang terbuat dari baja atau stainless dengan screennya. Secara umum penggunaan bahan stainless untuk komponen atau spare part polisher hasil beras gilingnya akan lebih baik dibanding komponen dari bahan baja.

Karakteristik penyosoh jenis friksi ini adalah beras yang dihasilkan akan cenderung transparan dan kurang berwarna putih dan teksturnya lebih halus.

Penggunaan penyosoh jenis friksi di tingkat petani lebih banyak dipake dibanding penyosoh jenis abrasif. Rendemen beras yang dihasilkan juga cenderung lebih tinggi dibanding penyosoh abrasif.

Contoh penyosoh dengan tipe ini antara lain mesin Ichi N70 dan Ichi N120.

polisher atau penyosoh beras tipe friksi

polisher atau penyosoh beras tipe friksi

untuk pembelian dan pemasangan mesin penyosoh, baik tipe abrasif maupun tipe friksi bisa menghubungi kami.