RANGKAIAN ALAT PENGGILINGAN PADI MODERN YANG IDEAL

(RMU MODERN)

rangkaian mesin penggilingan padi modern

rangkaian mesin penggilingan padi modern

Perkembangan alat-alat penggilingan padi yang ada di masyarakat selama ini cenderung kurang berkembang. Faktor harga beras sangat mempengaruhi penilaian pemilik penggilingan padi untuk membuat kualitas beras pada tingkat tertentu.
Beras dengan kualitas bagus cenderung rendemen hasil gilingnya akan rendah, hal ini menyebabkan pemilik penggilingan harus menentukan apakah lebih mementingkan kualitas beras atau mengutamakan rendemen berasnya. Dengan memperhatikan faktor diatas, kecenderungan petani untuk meng-update peralatan penggilingan padi atau membeli peralatan baru menjadi semakin kecil. Selain faktor harga peralatan baru yang masih mahal.

Rangkaian penggilingan padi modern modern yang ideal hanya dimiliki oleh Penggilingan Padi besar yang tentunya memiliki modal yang besar pula.
berikut rangkaian penggilingan padi tersebut:

Flowcart penggilingan padi

Flowcart penggilingan padi

secara umum kita uraikan sedikit fungsi dari masing-masing alat pada penggilingan padi modern:

1. Paddy Ceaner, Alat ini berfungsi untuk membersihkan butir padi dari debu, sisa potongan jerami, ranting padi, daun dan benda-benda lain selain padi atau gabah. Gabah yang bersih akan membantu kinerja husker pecah kulit, karena kotoran (jerami, daun, ranting) akan mengganggu kerja Rubber roll di dalam mesin Husker pecah kulit.

2. Husker pecah kulit padi, alat ini berfungsi sebagai pemecah kulit sekam padi sehingga akan dihasilkan brown rice atau beras pecah kulit. Biasanya masih terdapat gabah (sekam tidak terkelupas) yang bercampur dengan beras pecah kulit hasil dari alat husker pecah kulit ini.

3. Separator, fungsi alat ini adalah memisahkan gabah yang masih tercampur pada beras pecah kulit (brown Rice) dari hasil Husker pecah kulit. Beras pecah kulit akan dialirkan ke mesin polisher atau penyosoh beras, sedangkan gabah yang terpisah dialirkan kembali ke mesin husker pecah kulit padi.

4. Destoner, alat ini merupakan alat tambahan (opsional) berfungsi untuk memisahkan batu atau kerikil yang tercampur di dalam beras pecah kulit. beras pecah kulit dari hasil separator sebelum masuk mesin polisher penyosoh beras dilewatkan terlebih dahulu ke Destoner ini, agar tidak ada batu atau kerikil yang akan mengganggu proses penyosohan beras, selain menjaga agar mesin polisher penyosoh beras dari kerusakan.

5. Polisher 1, mesin penyosoh beras ini pada umumnya menggunakan penyosoh tipe abrasif yang menggunakan batu penyosoh sebagai alat utamanya. Fungsi utama dari alat ini adalah memutihkan beras.

6. Polisher 2, mesin penyosoh beras yang kedua ini ada yang menggunakan polisher tipe abrasif dan ada juga yang menggunakan polisher tipe friksi. Pada tipe friksi akan menghasilkan beras yang lebih transparan dan licin, sedangkan pada tipe abrasif menghasilkan beras yang lebih putih dan kesat.

7. Grader Beras, berfungsi untuk memisahkan beras berdasarkan ukuran beras yaitu beras kepala, beras patah (broken), dan menir.

Bagi anda yang ingin membuat penggilingan padi baru (RMU) atau membeli peralatan penggilingan serta pemasangan alat-alat terkait penggilingan bisa menghubungi kami,

Tim Penggilinganpadi.com

SMS/WA/Telpon : 081317465682

Email         : mumtaz_19k@yahoo.com