SEPARATOR AYAKAN BERAS PECAH KULIT (BROWN RICE) SEDERHANA

Ayakan beras pecah kulit

Ayakan beras pecah kulit

Pada proses penggilingan padi, hasil dari mesin Husker pemecah kulit padi adalah beras pecah kulit (brown rice). Umumnya pada beras pecah kulit tersebut masih terdapat gabah yang tercampur, tidak terkelupas kulit sekamnya. Adanya gabah ini pada beras pecah kulit akan mengganggu proses penyosohan di mesin Polisher atau penyosoh beras.

Beras pecah kulit campur gabah

Beras pecah kulit campur gabah

Solusi untuk memisahkan gabah yang tercampur pada beras pecah kulit adalah dengan alat separator sehingga diharapkan yang masuk ke alat polisher atau penyosoh beras merupakan beras pecah kulit saja.

Beras pecah kulit bersih

Beras pecah kulit bersih

Alat Separator, pemisah beras pecah kulit dan gabah ini ada beberapa macam, yang paling sederhana yaitu alat separator dengan ayakan yang ukurannya tertentu dan bahan penyangganya berupa kayu. Contohnya seperti gambar dibawah ini:

Ayakan beras pecah kulit

Ayakan beras pecah kulit

 

fungsi alat separator ini akan optimal jika flow rate atau laju penurunan gabahnya tepat, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Jika flow rate kebesaran, gabah tidak akan tersaring sempurna dan masih tercampur di beras pecah kulit (brown rice); sedangkan jika terlalu kecil flow ratenya akan membutuhkan waktu yang lama dan tidak efisien.

Pada beberapa kasus, proses pengayakan dengan alat separator ini bisa diulang 2 atau 3 kali untuk dapat hasil beras pecah kulit yang bersih dari gabah.

 

Penggilinganpadi.com menyediakan jasa pembuatan RMU modern, mohon maaf sudah tidak menjual single mesin.

Tim Penggilinganpadi.com

SMS/WA  : 081317465682

Telpon      : 081317465682

Email         : mumtaz_19k@yahoo.com