Memilih Waktu Yang Tepat Untuk Makan Nasi, Agar Tidak Gendut

nasi putih

nasi putih

Untuk menghindari kegemukan, ternyata memilih waktu untuk mengkonsumsi nasi juga berpengaruh. berikut paparan dari ahli gizi yang menjelaskan kapan memilih waktu yang paling tepat untuk konsumsi karbohidrat. Menurut Dr Michael Mosley ada waktu terbaik konsumsi karbohidrat. Sang dokter menyampaikan kapan sebaiknya Anda konsumsi nasi atau roti.

Banyak ahli sebelumnya yang menilai konsumsi karbohidrat sebaiknya pada pagi hari. Hal ini dinilai agar tubuh lebih lama membakar glukosa yang mereka lepaskan. Jika gagal melakukan hal ini, bisa sebabkan pelepasan insulin untuk membuat kadar gula darah kembali normal. Kelebihan gula dari karbohidrat akan disimpan sebagai lemak sehingga menyebabkan orang menambah berat badan.

Namun, studi baru yang disiarkan dalam BBC’s Trust Me I’m a Doctor menemukan bahwa konsumsi karbohidrat di malam hari menyebabkan lonjakan gula darah yang tak terlalu tinggi dibandingkan saat sarapan.

Dr Mosley menyarankan agar lebih konsisten dengan kebiasaan makan karbohidrat dan menghindari terlalu banyak makan.

Dikutip dalam Daily Mail (17/01), Dr Mosley dan peneliti dari University of Surrey meminta sukarelawan sehat untuk konsumsi karbohidrat di pagi hari atau malam hari. Semua peserta penelitian mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang sama setiap hari yaitu roti, nasi, pasta dan sayuran.

Selama lima hari pertama, para sukarelawan makan karbohidrat untuk sarapan pagi dan lima hari berikutnya makan makanan normal sebelum akhirnya beralih ke sarapan rendah karbohidrat dan makan malam dengan karbohidrat tinggi selama lima hari terakhir.

Para peneliti menganalisis tingkat gula darah para sukarelawan selama penelitian berlangsung. Sarapan rendah karbohidrat dan makan malam dengan makanan tinggi karbohidrat memberikan hasil terbaik.

Hasilnya mengungkapkan bahwa sarapan rendah karbohidrat dan makan malam dengan makanan tinggi karbohidrat dapat meningkatkan respons glukosa seseorang dengan rata-rata 10,4 unit. Sedangkan makan banyak karbohidrat di pagi hari dan sedikit di malam hari ternyata meningkatkan respon glukosa sebesar 15,9 unit.

Meskipun begitu, para ilmuwan dari University of Surrey berencana untuk melakukan eskperimen yang sama dalam kelompok yang lebih besar.